Konektivitas Transportasi Dukung Pariwisata

Konektivitas Transportasi Dukung Pariwisata

Danau Toba

Pelabuhan Penyeberangan Ajibata

Beroperasi mulai jam 08.30 pagi, Pelabuhan Penyeberangan Ajibata melayani penumpang yang akan menyeberang ke Samosir dan Tomok. Kemenhub juga meningkatkan kualitas SDM dalam mengelola pelabuhan tersebut.

Angkutan Antarmoda
Untuk melayani masyarakat dan turis yang akan berdestinasi ke Danau Toba, Kemenhub memberikan subsidi operasional angkutan antarmoda dan angkutan sungai danau penyeberangan diantaranya:
- Silangit-Parapat/Ajibata
- Silangit-Siantar
- Silangit-Dolok Sanggul
- Silangit-Tarutung
- Ajibata-Ambarita

KMP Ihan Batak

KMP Ihan Batak dibangun untuk meningkatkan kualitas
pelayanan dan menunjang keselamatan wisatawan.
Kapal ini mampu mengangkut 280 penumpang dan
kendaraan campuran sebanyak 32 unit.

Bandara Silangit

Wisatawan yang hendak ke Danau Toba kini semakin dimudahkan dengan adanya Bandara Silangit. Berkapasitas 500 ribu penumpang per tahun, Bandara Silangit juga mengimplementasikan fitur bandara pintar atau smart airport dengan teknologi digital seperti wifi gratis, display jadwal bus dan penerbangan, pembayaran elektronik dan masih banyak lagi. Berkat beroperasinya Bandara Silangit, kini akses menuju Danau Toba dapat ditempuh hanya dua jam perjalanan.

Museum Huta Bolon Simanindo

Bagi Anda yang menyukai sejarah khususnya adat Batak, sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke Museum Huta Bolon Simanindo. Di sana Anda dapat mempelajari kebudayaan Batak dan ikut berlatih tari-tarian ada dipandu oleh seorang instruktur.

Air Terjun Binanga 

Bolon Berada di tengah pemukiman warga, Air Terjun Binanga Bolon dinilai sebagai mutiara yang tersembunyi. Anda bisa berenang sambil berfoto dekat dengan air terjun.

Kampung Ulos Hutaraja

Kampung Ulos Hutaraja dihuni oleh penduduk yang masih melestarikan budaya leluhur yakni membuat kain ulos dengan cara tradisional. Anda juga bisa mempelajari dan mempraktikkan bagaimana cara membuat kain tradisional ulos tersebut.

Pusuk Buhit

Pusuk Buhit merupakan bukit tertinggi di kawasan Danau Toba. Anda dapat melihat pesona dari semua sisi Danau Toba dari puncak Pusuk Buhit.

Danau Sidihoni

Terletak di tengah Pulau Samosir, Danau Sidihoni juga menawarkan pemandangan yang indah. Untuk masuk ke lokasi ini Anda tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Kuliner

Mie Gomak : Mie berukuran seperti spaghetti ini dimasak dengan variasi bahan serta bumbu khas Batak. Mie gomak dapat disajikan dengan berbagai varian mulai dari mie gomak goreng, mie gomak kuah, mie gomak daging babi, dan mie gomak sambal santan kelapa.

Candi Borobudur dan Sekitarnya

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Hamparan bunga-bunga cantik di atas tanah berbukit ini menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging sering disebut sebagai sisi romantis Danau Toba. Ada dua spot foto yang bisa Anda gunakan untuk mengabadikan momen berlibur bersama teman dan keluarga.

Adanya jalan setapak di area ini memudahkan Anda berfoto tanpa merusak bunga.

Tur Andong
Pengunjung dapat memilih paket wisata menggunakan andong untuk bekeliling kawasan Candi Borobudur.

Pengunjung dapat mempelajari nilai-nilai sosial dan budaya dari masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Candi Borobudur. Sepanjang perjalanan, Anda juga disuguhi pemandangan proses penanaman dan penggilingan padi, membuat kerajinan tembikar, bambu, gerabah, dan masih banyak lagi.

Safari Gajah
Safari gajah merupakan salah satu kegiatan yang bisa Anda coba. Pengunjung dapat merasakan suasana alam Indonesia dengan berkeliling menaiki gajah melewati desa-desa sekitar Candi Borobudur, melintasi sungai dan sawah. Pengunjung juga dipersilakan untuk melihat-lihat kandang gajah yang terletak di sisi barat candi.

Rafting Sungai Elo
Wisata alam arung jeram Sungai Elo ini cocok untuk Anda pecinta wahana air. Dengan panjang hingga 10 km, Sungai Elo memiliki variasi jeram grade I sampai III. Tersedia juga jeram dengan grade rendah sangat ideal untuk Anda sekeluarga. Aliran air yang stabil baik musim hujan maupun kemarau dijamin aman untuk diarungi.

Kuliner
Nasi Lesah : Nasi ini merupakan perpaduan antara nasi, sayur tauge, bihun, irisan tahu bacem, daun bawang dan seledri. Kemudian dicampur kuah soto santan yang masih panas. Nasi lesah dapat ditemui di Pasar Rejowinangun. 

Mangut Lele : merupakan menu khas Matraman. Sesuai dengan namanya, Mangut Lele berbahan dasar ikan lele.

Sego Godog : dalam bahasa Indonesia, Sego Godog berarti nasi rebus. Sesuai dengan namanya, Sego Godog
berbahan utama nasi ditambah dengan campuran antara telur, ayam yang disuwir, kubis, wortel, kaldu dan juga bawang seledri.

Terminal Bus Giwangan


Menjadi salah satu terminal percontohan dalam program buy the service, Terminal Giwangan akan direvitalisasi baik dari segi fasilitas, layanan, bahkan dibuat sekelas bandara. Pemerintah berharap
agar wisatawan juga dapat memanfaatkan fasilitas bus untuk berkeliling Yogyakarta.

Stasiun Wojo

Stasiun Wojo hadir untuk mendukung operasional Yogyakarta International Airport. Penumpang yang akan menuju bandara maupun sebaliknya penumpang yang akan melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api, akan
diarahkan menuju Stasiun Wojo. Ada 38 rangkaian kereta yang melewati Stasiun Wojo.

Yogyakarta International Airport (YIA)

Resmi beroperasi sejak April 2019 lalu, Bandara Internasional Yogyakarta ditargetkan beroperasi penuh mulai Januari tahun 2020. Didesain mewah dan unik, Yogyakarta International Airport juga memiliki landasan pacu terpanjang yaitu 3.250 m dan lebar 75 m pada tahap pertama. Pada pengembangan ke depan, landasan akan diperpanjang mencapai 3.600 m di tahap kedua.

Sendratari Ramayana Prambanan
Diiringi alunan musik gamelan, pengunjung akan menyaksikan visualisasi mengagumkan dari kisah legendaris dalam kebudayaan Jawa, Ramayana. Pertunjukan rutin diadakan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 19.30 s/d 21.00 WIB.

Sunrise Borobudur

Sunrise Borobudur memberikan pengalaman berbeda untuk pengunjung. Mulai pukul 04.30 pengunjung menaiki Candi Borobudur hingga level sembilan. Saat golden time tiba yaitu pukul 05:30, sunrise muncul di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, juga hamparan padi yang masih diselimuti kabut diiringi suara nyanyian burung. Perpaduan Candi Budha dan ratusan stupa lain menambah keindahan pemandangan sunrise.

Pondok Pinus Kuningan
Ingin menyantap makanan sambil menikmati pemandangan Gunung Ciremai, Anda wajib mengunjungi Pondok Pinus.
Tempat makan ini didesain instagramable sehingga banyak spot foto yang menarik.

Batu Lawang
Cirebon Memiliki ketinggian beragam mulai dari 30 meter sampai lebih dari 100 meter, Tebing Lawang cocok untuk Anda yang menyukai hobi panjat tebing. Pintu baru lawang terbentuk secara alami. Suasana alam sekitar masih asri dan eksotis sehingga menambah keistimewaan tempat ini.

Cirebon Waterland
Tempat rekreasi ini cocok untuk liburan keluarga terutama untuk Anda yang bepergian sambil membawa anak-anak. Tempat seluas 3 hektar ini dipenuhi dengan arena playground dan kolam renang. Cirebon Waterland juga menyediakan restoran yang menghidangkan berbagai macam menu makanan dan minuman.

Goa Sunyarangi
Bagi Anda yang menyukai sejarah, tidak ada salahnya mengunjungi kawasan wisata Goa Sunyarangi. Di sana Anda dapat melihat 18 bangunan kuno perpaduan antara Indonesia klasik dan Tiongkok. Selain itu, Anda juga dapat menikmati wahana ayunan dan sepeda gantung.

Kuliner
Nasi Lengko : Nasi lengko merupakan makanan perpaduan nasi, tauge, tahu, mentimun, dan siraman bumbu kacang. Salah satu nasi lengko yang terkenal adalah Warung Nasi Lengko H. Barno.

Pindang Gombyang : Pindang Gombyang merupakan makanan khas Indramayu yang paling banyak dicari. Pindang Gombyang berbahan dasar ikan manyung, ikan yang berasal dari laut kemudian diolah dengan bumbu-bumbu rempah sehingga menghasilkan rasa yang pedas, gurih dan asam.

Mie Koclok : Mie unik ini cuma bisa ditemui di Cirebon. Mie koclok disajikan dengan kuah santan berwarna putih dengan tauge, ayam suwir dan sayur-sayur lainnya. dan juga bawang seledri.

Ciayumajakuning


Bandara Kertajati
Bandara Kertajati adalah bandara terbesar kedua setelah Bandara Soekarno Hatta. Bandara Kertajati melayani 12 rute domestik sejak bulan Juli 2019 lalu. Sempatkan untuk melihat bentuk menara ATC Tower di sana yang menyerupai senjata tradisional kujang.

Stasiun Arjawinangun
Selain melayani penumpang, Stasiun Arjawinangun juga difokuskan untuk angkutan barang. Terletak di
Desa Jungjang, Arjawinangun, Cirebon, stasiun ini memiliki 5 jalur yang seluruhnya beroperasi kecuali
satu jalur yang diperuntukkan untuk memarkir barang-barang proyek.

Angkutan Pemadu Moda
Dari Bandara Udara Kertajati tersedia angkutan pemadu moda atau bus menuju : Cirebon, Indramayu, Bandung, Cikarang, Kuningan, Tasikmalaya, dan Purwakarta.

Curug Ibun Pelangi
Curug Ibun Pelangi dikenal sebagai Green Canyon versi Majalengka, Untuk menuju ke sana, wisatawan harus
meminta izin terlebih dahulu dan harus dipandu oleh guide untuk sampai ke curug ini. Efek pelangi di Curug Ibun Pelangi disebabkan oleh sinar matahari yang mengenai embun dari aliran air sungai.

Pulau Biawak, Indramayu
Seperti namanya, Pulau Biawak merupakan habitat asli satwa liar biawak. Ketika pertama kali sampai di sana, Anda akan disambut oleh megahnya mercusuar kuno setinggi 65 meter yang sudah berdiri sejak zaman Belanda. Anda juga dapat menikmati keindahan pasir putih dan bertemu langsung dengan biawak yang melintas di sela-sela pepohonan.

Lampung


Teluk Kiluan Berada 80 kilometer dari kota Bandar Lampung, Anda dapat melihat lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba hidung panjang berkejaran dan berlompatan. Jika beruntung, Anda juga bisa memegang
punggung lumba-lumba dari atas perahu.

Taman Nasional Way Kambas
Menjadi taman konservasi, pelatihan, dan perlindungan gajah sumatera. Taman ini merupakan taman tertua
di Indonesia. Di sana, Anda bisa berinteraksi langsung dengan Gajah seperti memberi makan hingga memandikan gajah.

Pulau Pahawang
Pulau ini memiliki daya tarik snorkeling dan berenang. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat flora dan fauna khas hutan mangrove. Pulau Pahawang terbagi menjadi dua yaitu Pahawang Besar dan Pahawang Kecil.

Terminal Raja Basa
Terminal Raja Basa merupakan salah satu terminal terbesar dan tersibuk di Sumatera. Di tahun 2020, revitalisasi Terminal Raja Basa ditargetkan selesai dan akan memiliki fasilitas seperti di bandara.

Dermaga Eksekutif 3
(ASDP) Bakauheni Dibangun dengan konsep smart building, Dermaga Eksekutif (ASD P) di Bakauheni dan Merak ini dilengkapi dengan fasilitas hotel, pusat perbelanjaan, dan restoran.

Bandara Radin Inten II
Bandara ini dirancang lebih luas dari bandara sebelumnya untuk menampung penumpang lebih banyak dan
didesain ramah lingkungan dan minim menggunakan lampu penerangan.

Pantai Dewi Mandapa
Pantai Dewi Mandapa menyuguhkan sisi romantis bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Untuk Anda pecinta selfie, banyak spot menarik yang bisa diabadikan seperti Dermaga Asmara dan Dermaga Cinta.

Air Terjun Ciupang
Dinding batu yang menjadi landasan cucuran air tebing membuat Air Terjun Ciupang memiliki kecantikan tersendiri. Anda dapat menikmati pemadangan di Air Terjun Ciupang masih sangat asri dengan suasana alam yang sejuk dan menyenangkan.

Kuliner
Seruit : Seruit adalah makanan khas Lampung yaitu masakan ikan yang digoreng dan dicampur sambel terasi, olahan durian, atau mangga. Seruit lebih nikmat jika disajikan dengan nasi hangat.

Kopi Lampung : Lampung dikategorikan sebagai penghasil kopi terbaik di dunia karena 52% ekspor kopi berasal dari Lampung. Kopi ini juga memiliki beragam cita rasa dan aroma yang sangat kuat.

Labuan Bajo dan Sekitarnya


Pelabuhan Labuan Bajo
Dibangun sebagai pelabuhan khusus wisata, Pelabuhan Labuan Bajo menyediakan 400 kapal wisata yang siap beroperasi dan dilengkapi dengan fasilitas untuk menunjang kenyamanan wisatawan.

Bandar Udara Komodo
Hadirnya Bandar Udara Komodo sangat memudahkan wisatawan berkunjung ke Pulau Komodo. Kemenhub berupaya untuk terus mengembangkan fasilitas demi kenyamanan wisatawan.

Trekking
Untuk bisa melihat hewan yang dilindungi di Pulau Komodo, pengunjung harus trekking terlebih dahulu di
Gunung Ara. Gunung Ara memiliki ketinggian 538 meter di atas permukaan laut. Selama trekking, pengunjung juga akan ditemani seorang pemandu sekaligus pawang komodo.

Snorkeling
Pulau Komodo juga menyajikan keindahan bawah laut yang mengagumkan. Ada sekitar 386 jenis terumbu karang,
70 jenis bunga karang, rumput laut, penyu, paus, lumba-lumba dan hiu. Ada tiga titik menyelam favorit
pengunjung yaitu Batu Samsia, Tokotoko, dan Crystal Rock.

Kawanan Kelelawar
Kawanan kelelawar mulai berhamburan menghiasi langit setelah beristirahat disiang hari di atas pohon-pohon. Menjelang sunrise Anda dapat kembali melihat kawanan kelelawar terbang kembali ke pulau usai mencari makan.

Pink Beach
Pink beach merupakan salah satu dari tujuh pantai dengan pasir berwarna pink di dunia. Konon pasir
berwarna pink ini berasal dari pengikisan sisa batuan laut berwarna merah selama bertahun-tahun.

Kuliner
Kolo : Kolo adalah nasi bakar khas Labuan Bajo.
Untuk bisa menikmati kolo, Anda harus menunggu lebih dahulu selama 30 menit. Namun waktu tersebut
akan terbayar dengan cita rasa yang enak. 

Jagung Bose : Jangan sampai Anda melewatkan
makanan khas yang satu ini. Berbahan dasar jagung, hidangan ini dimasak dengan santan dan kacang merah sehingga menciptakan cita rasa manis dan gurih.

Raja Ampat


Pelabuhan Waisai
Pelabuhan Waisai memiliki peranan penting bagi Raja Ampat karena menjadi gerbang utama wisatawan menjelajahi Raja Ampat. Pelabuhan Waisai juga ditetapkan sebagai titik nol usaha pariwisata bahari.

Penerbangan
Perintis DEO Sejak April 2019, Bandara Deo Sorong kembali merilis penerbangan perintis oleh maskapai Susi Air. Penerbangan perintis melayani enam rute perjalanan yaitu:
- Sorong-Teminabuan
- Sorong-Ayawasi
- Sorong-Inanwatan
- Teminabuan-Inanwatan
- Sorong-Werur
- Waisai-Kabare

Snorkeling
Aktivitas berlibur yang paling diminati wisatawan saat di Raja Ampat adalah snorkeling. Anda akan disuguhi keindahan bawah laut yang memesona. Beberapa pulau yang patut Anda coba sebagai spot snorkeling adalah Pulau Kri dan Friwen Wall. Ada juga lokasi snorkeling yang dekat dengan dermaga seperti Desa Yenbuba, Desa Sawandarek, dan Desa Arborek.

Diving
Raja Ampat menyajikan banyak spot diving. Banyaknya biota laut memberikan Anda pengalaman diving yang tak
terlupakan. Beberapa lokasi diving yang bisa Anda kunjungi adalah Cross Wreck, Selat Dampier, Chicken Reef, dan Blue Magic.

Pusat Souvenir
Tidak lengkap rasanya kembali ke ibukota tanpa membawa oleh-oleh. Anda bisa mendapatkan berbagai macam oleh-oleh khas Raja Ampat di pusat souvenir.

Burung Cenderawasih
Selain memiliki keindahan bawah laut laut yang indah, burung cenderawasih juga menjadi salah satu ikon
Raja Ampat. Anda dapat melihat burung cenderawasih menari pada dahan pepohonan pada pagi dan sore hari.

Pulau Pianemo
Ibarat surga kecil yang jatuh ke Bumi, Anda dapat melihat keindahan Raja Ampat dari puncak bukit karang Pulau Pianemo. Pemandangan lebih indah ketika dilihat di pagi hari.

Kuliner
Papeda : Kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mencoba papeda saat berkunjung ke Raja Ampat. Masakan ini berbahan dasar sagu. Namun sagu tidak disajikan sendiri, melainkan ditambah dengan ikan kuah kuning yang lezat..

Sate Ulat Sagu : Kuliner satu ini mungkin sedikit menakutkan karena berbahan dasar ulat sagu. Namun makanan ini juga mengandung protein yang tinggi. Wajib untuk Anda menikmati nilai gizi dari Sate Ulat Sagu ini.

Sumatera Barat


KA Bandara
Anda bisa menaiki KA Minangkabau Ekspres menuju Bandara Internasional Minangkabau yang operasionalisasinya disubsidi oleh negara. Kereta api ini melewati rute dari Stasiun Padang, Stasiun
Tabing, dan Stasiun Duku. Dalam satu hari kereta ini melayani perjalanan sebanyak sepuluh kali.

Bandara Internasional Minangkabau
Terletak di Padang Pariaman, Bandara Internasional Minangkabau menjadi gerbang utama wisatawan datang ke
Padang.

Lobang Jepang
Lobang Jepang merupakan bangunan peninggalan penjajah Jepang di Bukittinggi. Markas pertahanan ini didirikan tahun 1942-1945. Di sini Anda dapat mengetahui sejarah ketika Jepang menjajah Indonesia. Anda
akan melewati terowongan seluas 2 hektar. Jangan khawatir tersesat, karena ada tour guide yang mendampingi.

Kepulauan Mentawai
Kepulauan Mentawai memiliki 400 titik surfing mulai dari ombak sedang sampai ombak yang paling menantang untuk peselancar. Kepulauan Mentawai meliputi empat pulau besar yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Kepulauan Mentawai juga menawarkan trekking ke hutan pedalaman tropis yang masih hijau alami.

Puncak Langkisau
Bagi Anda penyuka tantangan, tidak ada salahnya berkunjung ke Puncak Langkisau. Di sana Anda dapat menikmati fasilitas flying fox dan paralayang sambil melihat keindahan alam pesisir selatan dari atas bukit.

Lembah Anai Air Terjun
Lembah Anai Air Terjun menjadi tempat wisata favorit di Sumatera Barat. Anda dapat melihat air terjun setinggi 40 meter dan memiliki debit air yang deras dan cukup dingin.

Lembah Harau
Sering disebut sebagai Grand Canyon Sumatera Barat, Anda dapat melihat keindahan alam bukit-bukit yang
cadas dan terjal dengan ketinggian kurang lebih 150 meter.

Kuliner
Kacimuih : Makanan khas ini banyak ditemui di Minangkabau. Perpaduan antara singkong, gula putih
atau gula merah dan parutan kelapa menciptakan rasa gurih dan nikmat dimulut.

Lompong Sagu : Berbahan dasar tepung sagu, Lompong Sagu sudah hampir sulit ditemui di Padang. Kue ini dimasak dengan mencampurkan bahan-bahan yaitu pisang kepok yang sudah dihaluskan, tepung sagu, kelapa parut, gula merah halus, serta air secukupnya.

Wakatobi


Snorkeling
Snorkeling menjadi aktivitas utama yang dilakukan wisatawan di Wakatobi Anda wajib mencoba spot snorkeling favorit yaitu Onemohute di Wangi-Wangi dan Roma (Roma’s Reef) di Tomia. Berada di kedalaman 15-25 meter, Anda dapat melihat terumbu karang serta barisan ikan yang berenang teratur.

Diving
Bagi Anda yang baru belajar diving, Anda wajib mengunjungi Cornucopia dan Coral Garden. Anda juga bisa bercengkerama dengan lumba-lumba yang muncul di permukaan laut.

Desa Sama Bahari
Bagi Anda yang menyukai sejarah dan adat istiadat, wajib berkunjung ke Desa Sama Bahari. Di desa ini, Anda dapat mempelajari kepercayaan yang dianut oleh masyarakat dan bagaimana mereka membangun rumah
di atas laut.

Pulau Binongko
Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi adalah Pulau Binongko. Di sana, Anda dapat menjelajahi hutan
mangrove yang teramat luas. Disarankan untuk berkunjung saat sore hari menjelang matahari terbenam karena Anda dapat merasakan keasrian hutan lengkap dengan suasananya yang menyejukkan.

Pelabuhan Wanci
Pelabuhan Wanci hadir sebagai upaya Kementerian Perhubungan meningkatkan tidak hanya jumlah wisatawan ke Wakatobi, namun juga mendukung konektivitas dan mendorong perekonomian wilayah sekitar.

Bandara Matahora
Sejak diresmikan tahun 2016 Kementerian Perhubungan konsisten meningkatkan kualitas dan pelayanan di Bandara Matahora. Hadirnya Bandara Matahora memberi kemudahan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Wakatobi. Beberapa rute yang dilayani seperti Bandara Matahora yaitu Bau Bau – Wakatobi, Bali – Wakatobi, Makassar – Wakatobi PP dan Manado – Wakatobi.

Benteng Liya
Selain destinasi wisata air, ada satu wisata sejarah yang masih jarang diketahui wisatawan yaitu Benteng Liya. Benteng Liya merupakan peninggalan Kerajaan Buton yang berjaya pada abad ke-15 hingga 18 Masehi.

Mercusuar Wanci
Mercusuar Wanci dibangun pada masa penjajahan belanda. Tinggi mercusuar ini kurang lebih 30 meter dari atas tanah dan 150 meter dari permukaan laut.

Pulau Hoga
Bagi Anda yang ingin rehat dari padatnya aktivitas, Pulau Hoga menjadi tempat yang cocok untuk Anda mencari ketenangan. Pasir putih yang lembut dan beningnya air dapat membuat Anda lupa waktu.

Kalimantan Timur


Terminal Batu Ampar
Terminal Tipe A Batu Ampar di Balikpapan memiliki desain yang futuristik. Tidak jauh dari pusat kota, Terminal Batu Ampar melayani rute perjalanan yang ada di dalam pulau kalimantan seperti Palangkaraya dan
Pontianak. Sama seperti terminal pada umumnya, fasilitas dasar seperti toilet, ruang tunggu, masjid, food court, dan pusat oleh-oleh.

Terminal Samarinda Seberang
Terminal Samarinda Seberang merupakan terminal tipe A di Samarinda. Terminal Samarinda
Seberang termasuk salah satu terminal yang akan direvitalisasi oleh Kemenhub guna persiapan mudik di tahun 2020.

Dermaga Tanjung Batu
Tanjung Batu merupakan pintu gerbang utama menuju Pulau Derawan. Hanya menempuh perjalanan
selama 1.5 jam, Anda akan tiba di Pulau Derawan.

Pelabuhan Samarinda
Terletak di tepi Sungai Mahakam, selain beroperasi untuk penumpang, Pelabuhan Samarinda juga melayani kapal bongkar muat.

Pelabuhan Semayang
Pelabuhan Semayang merupakan pelabuhan paling sibuk di Balikpapan. Pelabuhan Semayang melayani penyeberangan penumpang dan muatan barang ke kota-kota bagian barat Indonesia seperti Jakarta
atau Surabaya.

Bandara Maratua
Bandara Maratua hadir sebagai perwujudan konektivitas pariwisata di Kalimantan Timur khususnya Anda
yang ingin berkunjung ke wilayah eksotis Pulau Derawan dan sekitarnya. Fasilitas Bandara Maratua pun
ditingkatkan seperti penambahan jalur sepanjang 200 meter. Bandara Maratua memiliki luas 750 meter
persegi yang bisa menampung 36.000 penumpang setiap tahunnya.

Bandara APT Pranoto
Diresmikan sejak Oktober 2018, Bandara APT Pranoto sudah melayani penerbangan domestik seperti Garuda
Indonesia, Batik Air, Susi Air, dan Citilink.

Danau Labuan
Cermin Biduk-Biduk Disebut sebagai Danau Labuan Cermin karena danau ini memiliki air yang jernih. Bahkan dasar danau berupa pasir laut masih terlihat sangat jelas. Di sini Anda dapat melakukan aktivitas berenang, snorkeling dan menyelam. Danau Labuan Cermin memiliki jenis air yang berbeda-beda. Hal tersebut
bisa Anda perhatikan dengan membedakan jenis ikan air laut dan air tawar.

Pulau Derawan
Ketika pertama kali berkunjung ke pulau derawan, wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir dan air yang jernih. Diving dan snorkeling menjadi hal yang wajib dilakukan ketika berlibur ke pulau derawan. Wisatawan juga dapat melihat beberapa macam jenis ikan dan terumbu karang yang langka. Saat malam hari,
Anda dapat melihat penyu hijau berkeliaran. Anda juga dapat melihat proses penyu hijau mulai dari bertelur hingga menetas.

Lamin Mancong
Sayang jika tidak berkunjung ke Lamin Mancong saat berada di Kalimantan Timur. Anda dapat mempelajari kebudayaan suku Dayak. Biasanya masyarakat setempat mengadakan upacara penyambutan berupa tari-tarian adat.

Stingless Jellyfish
Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Pulau Derawan tanpa melihat stingless jellyfish atau ubur-ubur
tanpa sengat. Anda dapat melihat ubur-ubur langsung dari habitatnya dengan jumlah hingga ribuan.

Mangrove Center
Graha Indah
Setelah puas menikmati pesona laut di Pulau Derawan, Anda perlu rileks sejenak di Mangrove Center
Graha Indah. Di sini terdapat banyak satwa khas Kalimantan salah satunya bekantan atau sering dijuluki “monyet belanda”.

Kuliner
Tehe-Tehe : Cemilan satu ini cocok dinikmati sambil menikmati matahari terbenam. Terbuat dari ketan,
kelapa dan gula putih dimasak menciptakan rasa manis dan gurih ketika dimakan. Kima-Kima : Olahan laut ini wajib Anda cicipi saat di Pulau Derawan. Bentuknya seperti kerang laut dan rasanya seperti ikan asin. Cara masaknya cukup dibumbui dengan bumbu pedas dan cocok dinikmati dengan nasi panas.

Postingan Populer