Pantai Sodong Sebagai Alternatif Wisata Pantai Sambil Menikmati Pemandangan Senja

Pantai Sodong

Keindahan Pantai Sodong menjadi pemandangan yang patut dilihat pada saat berkunjung bersama teman, keluarga atau sendiri (jomblo). Pantai Sodong merupakan salah satu pantai yang terkenal  di Kabupaten Cilacap,  Jawa Tengah. Pantai ini sangat cocok untuk liburan  di akhir pekan atau liburan sekolah atau cuti kerja.

Pantai Sodong dapat dikunjungi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Wisatawan utamanya adalah penduduk wilayah Jawa Tengah khususnya  Cilacap dan sekitarnya, namun ada juga wisatawan dari luar daerah dan mancanegara (wisman). 

Pantai Sodong sering disebut Serok karena lokasi pantai ini tidak jauh dari Gunung Serok. Pantai ini memang tidak sepopuler pantai lain di Cilacap seperti Pantai Teluk Penyu dan Pantai Widara Payung. 

Namun dari segi keindahan, pantai ini sama sekali tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Karena kurang populernya pantai tersebut, fasilitas wisata di pantai Sodong ini kurang ramai saat liburan tiba. Oleh karena itu, sangat cocok bagi  yang bepergian bersama kerabat atau pasangan.

Lalu bagaimana dengan akses ke Pantai Sedong? Jaraknya sekitar 20 menit dari kecamatan Ajipara dengan sepeda motor atau mobil pribadi. 

Jika tidak tahu itinerary, silahkan buka Google Maps atau tanya  warga sekitar. Mendapatkan ke Pantai Sedong pasti mudah dengan Google Maps. 

Pantai Sodong atau penduduk setempat menyebutnya Pantai Serok. Pantai yang menghadap Samudera Hindia. Wisatawan akan disambut oleh keindahan memukau Mt. Pantai Sodong tidak hanya menjadi tempat liburan, tapi juga tempat wisata religi bagi sebagian orang. 

Harga Tiket Masuk Pantai Sodong 

Wisatawan Domestik dan Mancanegara dapat memasuki kawasan wisata ini dengan membayar  biaya sebesar Rp. 6.500

Jam Operasi

Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai sodong adalah menjelang sunset (matahari mau tenggelam). Saat itu terlihat keindahan langit yang melengkapi keindahan kawasan pantai dengan sempurna. 



Jam Buka 

Setiap Hari 08:00 - 18:00 

Beragam Aktivitas Wisata di Pantai Sodong 

Pantai Sodong memiliki banyak sarana menarik yang dapat dilakukan wisatawan  di sini. Beberapa di antaranya: 

Gua berada tak jauh dari  Pantai Sodong. Pengunjung lain yang tertarik dapat mengunjungi gua tersebut. Berikut gua yang bisa dikunjungi wisatawan yaitu Goaraja dan Goaratu.

Wisatawan yang mengunjungi gua harus memperhatikan tata krama yang baik. 

Deretan Pohon Pinus Indah  

Wisatawan yang berkunjung ke  pantai ini tidak hanya sekedar melihat pantai. Namun, ada juga keindahan pepohonan yang selalu hijau di sekitar Pantai Kodo. Deretan pohon cemara yang indah terlihat dari gerbang depan kendaraan. 


Bagi yang ingin berfoto di sepanjang pohon pinus, disediakan bangku dan ayunan. Lahan tersebut dimiliki Pemkot. Wisatawan dikenakan biaya untuk menggunakan fasilitas tersebut. Tidak terlalu mahal dibandingkan dengan hasil yang didapat. 

Piknik Pantai 

Piknik keluarga di Pantai adalah pilihan yang sempurna. Angin sepoi-sepoi dan pasir  halus  membuat anak-anak terhibur. Pengunjung Pantai Sodong biasanya  melakukan kegiatan piknik di sekitar area pantai. 

Pengunjung diperbolehkan membawa berbagai perlengkapan dan makanan saat pergi ke pantai. Tujuannya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dalam suasana yang berbeda. Anak-anak juga bisa bermain di tempat pasir di sekitar pantai. 

Pengunjung tidak perlu membawa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan saat piknik,  sebab masyarakat sekitar telah menyediakan sejumlah pondokan untuk disewa. Harga yang diberikan pun tidaklah terlalu mahal. 

Berenang 

Berenang di area pantai merupakan salah aktivitas yang tak terlewatkan yang dilakukan oleh  pengunjung yang suka bermain air. Tapi perlu di ketahui juga bahwa Pantai Sodong memiliki jenis ombak yang boleh dikatakan besar dan tidak dapat diprediksi. Banyak juga kasus tenggelam di wilayah pesisir akibat gelombang besar. Pemerintah akhirnya memberlakukan larangan pengunjung mandi di kawasan pantai.

Pemerintah telah memberikan solusi atas permasalahan yang ditimbulkan oleh kolam. Fasilitas ini gratis untuk digunakan pengunjung. Lokasi kolam renang yang disediakan tidak jauh dari Pantai Sodong. Solusi ini sangat nyaman karena memungkinkan pengunjung  merasakan keindahan Pantai Sodong. 

Tidak ada persewaan barang seperti jaket pelampung atau pakaian renang di area kolam renang ini. Pengunjung diimbau untuk membawa pakaian renang sendiri dari rumah. 

Gourmet Tourism 

Bagi wisatawan yang tidak keberatan piknik. Pilihan untuk memenuhi kebutuhan makan di warung lokal adalah solusi terbaik. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Tempe Mendoan Cilacap dan Tahu klasik selalu menjadi primadona di setiap toko. 

Beberapa kios lokal juga menawarkan makanan laut yang menggiurkan bagi pengunjung. Rasanya nikmat bukan makan seafood sambil menikmati pemandangan pantai. Harga yang ditawarkan tidak mahal, relatif murah untuk jenis seafood ini.

Mancing Muara Pantai Sodong 

Menghadap Samudera Hindia, terdapat muara. Ada dua alasan mengapa Pantai Sodong terlihat semakin menarik bagi pengunjung. Beberapa pengunjung mungkin memilih untuk memancing di muara untuk pengalaman yang berbeda. 

Pengunjung biasanya memancing di jembatan bambu yang disediakan. Pengunjung harus membayar untuk memasuki kawasan ini, yang sangat murah. 

Tempat memancing ini tidak menyewakan alat pancing. Pengunjung yang ingin menikmati memancing di muara Pantai Sodong harus membawa perlengkapan sendiri dari rumah. 

Bermain Sepeda Motor ATV 

Bermain dengan Sepeda Motor ATV merupakan kegiatan yang wajib dilakukan pengunjung ketika ingin merasakan hembusan angin laut. Adrenalin game ini membuatnya semakin seru dan menyenangkan. 

Masyarakat setempat menawarkan persewaan sepeda ATV di sekitar pantai. Pengunjung tinggal memilih sepeda ATV favoritnya. Harga yang ditawarkan umumnya sudah sesuai dengan aturan penggunaan sepeda motor ATV selama kurang lebih 10 menit. 


Delman Ride on the Beach Bagi pengunjung yang belum tahu atau berani mengendarai sepeda ATV. Masyarakat sekitar menawarkan solusi lain: naik kereta kuda di kawasan pantai. Pengunjung juga dapat menemukan persewaan mobil di area pantai. Harga list 

Delman Activity sama dengan sepeda ATV, hanya jam pemakaiannya saja yang berbeda. Tidak ada batasan waktu bagi pengunjung yang menaiki Delman. Namun, pantainya tidak terlalu luas, sehingga pengunjung hanya bisa naik Delman sebentar saja. 

Fasilitas 

Terdapat berbagai fasilitas di kawasan wisata Pantai Seodong untuk kenyamanan Anda. Fasilitas yang ada antara lain tempat parkir mobil dan motor, mushola dan toilet umum. 

Rute dan Lokasi Pantai Sodong 

Daya tarik pantai ini adalah Jl. Laut, sawah, ladang, karambanda, kechi. Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53271. Sekitar 25 km dari pusat kota Cilacap. 

Keindahan Pantai Sodong Siracap terlihat dari pasirnya yang berwarna coklat keputihan dan ombaknya yang tidak terlalu besar. Ada juga pohon pinus yang indah di sekitar pantai. Anda bisa menggunakan pohon ini sebagai tempat berteduh saat matahari sangat terik. 

Selain itu, adanya tebing-tebing tinggi yang mengelilingi pantai juga menambah keindahan Pantai Sodong. Tebing tersebut merupakan bagian dari Gunung Selok. 

  • Lalu kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di pantai ini? 
  • Jelajahi pantai dengan menaiki perahu yang dipasang di pantai. 
  • Permainan pasir dan permainan air di pantai. 
  • Menikmati keindahan laut dari pantai. 
  • Tersedia ayunan untuk pengunjung. 
  • Sebagai tempat liburan keluarga. 
  • Dan tentunya sesi foto dengan background Pantai Sodong.

Demikian sedikit pembahasan tentang keindahan Pantai Sedong di Cilacap Jawa Tengah. Semoga bermanfaat dan membantu para pembaca sekalian. Kurang lebihnya mohon maaf, tapi silahkan baca destinasi wisata lainnya.


Postingan Populer